Purnomo Bicara Soal Suap TEL Pertamina

VIVAnews - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (MESDM) Purnomo Yusgiantoro menyatakan penggantian bahan bakar zat bertimbal tetraethyl lead (TEL) ditolak oleh Menteri Keuangan terdahulu.

"Seingat saya waktu itu kita akan mengurangi penggunaan bahan bakar bertimbal, ini dasar usulan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH)," ujar dia ketika ditemui seusai Rapat dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika Jakarta Senin 29 Maret 2010.

Namun, dia menekankan usulan tersebut ditolak oleh Menkeu. Sebab, jika usulan penghapusan penggunaan timbal menggunakan High Octan Mogas Component (HOMC), maka bisa membengkakan anggaran subsidi karena harganya mahal.

Purnomo menjelaskan, saat menggunakan sistem cost and fee pada susbidi BBM maka jika menggunakan MOGAS maka otomatis subsidi yang dikeluarkan besar juga.

"Saya hanya mengetahui persoalan TEL itu di tataran kebijakan saja, selebihnya dari mulai pengadaan dan impor itu merupakan tataran di bawahnya yaitu Dirjen Minyak dan Gas serta jajaran di bawahnya," tutur dia.

Sebelumnya, Innospec Limited, anak perusahaan Innospec Inc, berbasis di Ellesmere Port, Inggris, mengaku telah menyuap pejabat Pertamina dan pejabat Indonesia. Penyuapan ini terkait penjualan bahan tetra ethyl lead ( TEL) untuk bensin bertimbal.

Seperti dikutip dari laman Serious Fraud Office di www.sfo.gov.uk, Jumat 26 Maret 2010, disebutkan bahwa Innospec mengungkapkan penyuapan itu di Pengadilan Southwark, Inggris. Atas pengakuan itu, Innospec akan diganjar kewajiban membayar US$ 12,7 juta.

TEL tidak boleh lagi dipasarkan di Eropa dan Amerika Serikat karena membahayakan kesehatan dan lingkungan. Tetapi perusahaan itu terus memproduksi TEL di untuk konsumsi sejumlah negara, seperti Indonesia.

Serious Fraud Office menyebutkan, untuk menjalankan bisnisnya di Indonesia, perusahaan menunjuk agen di Indonesia untuk memenangkan kontrak-kontrak pemasok TEL. Selama 14 Februari 2002 sampai 31 Desember 2006, perusahaan itu membayar US$ 11,7 juta untuk agennya di Indonesia.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024