PPP Akui Ada Tekanan

VIVAnews - Fraksi PPP membuat gebrakan dalam Paripurna DPR terkait kasus dana talangan ke Bank Century dengan memilih opsi C, yakni menyatakan dana talangan itu bermasalah. Apakah PPP pindah ke lain hati?

"Kalau ada teman yang melakukan hal tidak baik, kami beri tahu itu tidak baik. Jangan katakan yang bagus-bagus saja," kata Wakil Ketua Dewan Pakar DPP PPP, Lukman Hakiem dalam perbincangan dengan VIVAnews, Kamis 4 Maret 2010. "Kami ini kawan koalisi yang baik."

Namun, kata dia, PPP mengerti bahwa pilihan ini tidak menyenangkan bagi mitra koalisi, yakni Demokrat. "Tapi kami tidak mau berkoalisi untuk kejahatan," kata dia.

Dia mengaku senang karena perwakilan PPP di fraksi ternyata masih memiliki hati nurani dengan memilih opsi C pada Sidang Paripurna, kemarin. "Walaupun ada tekanan yang cukup besar."

Penerbangan Dibatalkan Imbas Banjir, Shandy Aulia Tertahan di Dubai

Sebanyak 32 anggota FPPP yang ikut voting terakhir, Rabu 3 Maret 2010 malam berbalik badan mendukung lima fraksi yang memilih opsi C bahwa penyelamatan Bank Century salah sejak pengambilan keputusan hingga implementasinya.

Penilaian bahwa FPPP condong ke Demokrat Cs bukan tanpa alasan. Meski dalam pandangan awal Pansus Hak Angket Century yang disampaikan 8 Februari 2010 lalu, FPPP lewat juru bicaranya, Romahurmuziy, menyatakan kasus Century memiliki indikasi pidana korupsi dan meminta penegak hukum seperti Komisi Pemberantasan Korupsi, kepolisian dan kejaksaan mengusutnya, dalam pandangan akhir Pansus, sikap fraksi ini dianggap mulai lembek. FPPP tidak berani menyebutkan nama maupun instansi yang bertanggung jawab atas bail out Century.

Padahal dalam pandangan akhir ini beberapa partai yang menilai bail out Century bermasalah terang-terangan menyebutkan nama pejabat maupun instansi yang harus bertanggung jawab. Hal ini membuat sikap FPP atas bail out Century yang pada pandangan awal cukup keras mulai diragukan.

Anggapan bahwa FPPP mulai 'bertekuk lutut' di bawah Demokrat Cs semakin kencang saat pandangan fraksi dalam paripurna Rabu 3 Maret 2010 siang tidak mengambil keputusan antara opsi A atau opsi C yang disepakati tim perumus akhir pansus. FPPP memilih abstain.

Dalam pandangannya, PPP melihat sesungguhnya tidak terdapat perbedaan mendasar pada opsi A dan C. Keduanya relatif memoderasi penyebutan nama dan relatif mempermasalahkan proses akhir.

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan komandan militernya

Daftar Negara Sekutu Iran yang Siap Bantu Jika Perang Terjadi, Ada China hingga Rusia

Akhir pekan lalu Iran melayangkan serangan balasan terhadap Israel usai menyerang konsulat Iran di Suriah. Kini, ada beberapa negara yang menjadi sekutu Iran jika perang.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024