Belum Ditahan, PPP Usul Bachtiar Ditangguhkan

VIVAnews - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sudah menyiapkan tim pembela hukum untuk Ketua Majelis Pertimbangan Partai Bachtiar Chamsyah yang menjadi tersangka korupsi. PPP dan tim pengacara Bachtiar akan mengajukan penangguhan penahanan.

"Kami akan upayakan tidak ada penahanan untuk Pak Bachtiar," kata Wakil Sekjen PPP M Romahurmuziy dalam perbincangan dengan VIVAnews, Senin 8 Februari 2010.

Menurut politisi yang biasa disapa Romy ini, tim pengacara dari PPP dan kuasa hukum yang disiapkan Bachtiar akan berkoordinasi. Terutama soal penangguhan penahanan.

Politisi yang juga anggota Pansus Century di DPR ini sangat yakin bahwa mantan Ketua Umum PPP itu tidak memenuhi syarat-syarat penahanan.

"Syarat objektifnya, Pak Bachtiar pasti tidak akan mengulangi perbuatannya karena sudah tidak menjabat Mensos. Tidak mungkin menghilangkan barang bukti, dan sangat jauh dari keinginan untuk melarikan diri," ujar politisi yang juga putra dari tokoh NU Tochlah Mansoer ini.

Bachtiar Chamsyah diduga melanggar Pasal 2 ayat 1, 3, dan 11 UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 KUHP ayat 1 kesatu.

Sebelumnya, KPK telah meningkatkan status pengusutan kasus dugaan korupsi pengadaan mesin jahit dan sapi di Departemen Sosial ke tingkat penyidikan. KPK pun sudah menetapkan sejumlah tersangka.

Berdasarkan audit Badan Pemeriksa Keuangan sampai semester II Tahun Anggaran 2005 menghasilkan 70 temuan pemeriksaan di Departemen Sosial senilai Rp 287,89 miliar. Dari jumlah itu, sebanyak 63 temuan senilai Rp 189,28 miliar telah ditindaklanjuti.

Israel Berlakukan Keadaan Siaga di Perbatasan Lebanon, Ada Apa?
Ade Rai di Vindes

10 Makanan Wajib Dihindari Jika Ingin Awet Muda Seperti Ade Rai, Nomor 2 Paling Sulit

Ade Rai yang merupakan seorang binaragawan terkenal, mengungkapkan beberapa jenis makanan yang harus dihindari agar tetap menjaga kebugaran dan kesegaran kulitnya.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024