KPK Beri Penghargaan Ditjen Anggaran Depkeu

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi memberikan penghargaan kepada Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan. Penghargaan diberikan karena dinilai sebagai institusi yang transparan dalam penyelenggaraan negara.

"KPK memberikan nilai 7,797 dengan skala 1 hingga 10," kata Wakil Ketua KPK Bidang Pencegahan, M Jasin, kepada para wartawan saat menggelar jumpa pers di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 27 Januari 2010.

Menurut Jasin, Ditjen dinilai memiliki integritas internal dalam upaya untuk membantu pelaporan gratifikasi dan tingginya angka kepatuhan pelaporan harta kekayaan. Selain itu, Ditjen juga dianggap mampu menjunjung kode etik, membantu promosi anti korupsi, serta melaksanakan rekomendasi KPK.

Jasin menjelaskan KPK memiliki instrumen bernama PIAK untuk mengukur serta menghargai upaya pencegahan korupsi seperti pembuatan dan penegakan kode etik, pengawasan atas pengadaan barang dan jaksa, serta transparansi dalam rekrutmen pegawai.

PIAK 2009 adalah enam unit utama setingkat eselon satu terdiri dari Ditjen Anggaran dengan nilai tertinggi yaitu 7,797, kemudian Ditjen Bea Cukai dengan nilai (7,781), lalu Ditjen Pajak dengan nilai 6,950. Setelah itu diikuti Ditjen Bendahara yang memperoleh nilai 6,103, Sekjen Diknas (4,013), Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (3,765).

"Catatan dari PIAK tahun 2009 adalah rendahnya nilai indikator kode etik, bahkan ada institusi yang tidak memiliki kode etik," jelas Jasin.

Timur Tengah Memanas, Australia Peringatkan Warganya Segera Tinggalkan Israel
Toyota Land Cruiser 250

Terpopuler: Harga Toyota Fortuner Hybrid, Land Cruiser Tangguh Versi Murah

Berita yang membahas mengenai harga Toyota Fortuner Hybrid dan Land Cruiser tangguh versi murah, banyak sekali pembacanya sehingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024