"Cintai Gus Dur, Besarkan PKB"

VIVAnews - Salah satu Ketua Partai Kebangkitan Bangsa, Abdul Kadir Karding, mengimbau seluruh pecinta almarhum Abdurrahman Wahid untuk bersatu. Kadir menyatakan, salah satu cara mencintai Gus Dur adalah membesarkan partai yang didirikannya, PKB.

"Sesungguhnya, bukan saatnya lagi mengklaim mana yang Gus Dur dan mana yang bukan," kata Kadir dalam perbincangan dengan VIVAnews, Sabtu 2 Januari 2010. "Itu malah membebani Gus Dur," ujar Kadir.

Kadir berharap semua pihak bisa lebih arif dalam bertindak. Partai Kebangkitan Bangsa ini, ujar Kadir, adalah partai yang didirikan Gus Dur bersama sejumlah tokoh Nahdlatul Ulama. "Artinya, membesarkan PKB, sama dengan menghargai Gus Dur dan gagasan-gagasannya," ujar Kadir.

Apalagi, katanya, masih ada gagasan-gagasan Gus Dur yang belum terrealisasi. PKB adalah jalan untuk mewujudkan itu. "Bagaimana soal kemanusiaan, soal pembelaan hak-hak minoritas," kata Kadir.

Sekarang, sepeninggal Gus Dur, saatnya pendukung Gus Dur bersatu. Kadir mengajak segala pendukung gagasan Gus Dur untuk bersama-sama membesarkan PKB.

Sebelumnya, putri Gus Dur, Yenny Wahid, menyatakan akan memperjuangkan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sesuai wasiat ayahnya. Yenny tak akan bergabung dengan PKB kubu Muhaimin Iskandar.

Demikian disampaikan Wakil Sekjen PKB hasil muktamar Parung, Abdul Muis, kepada VIVAnews, Jumat 1 Januari 2010. "Kami sudah berencana untuk mendaftar ke Depkumham, alternatif namanya PKB Gus Dur atau PKB Indonesia," katanya. Rencana itu akan dibahas dalam muktamar yang digelar dalam waktu dekat.

Sekitar dua tahun lalu, PKB pecah. Muncul dua struktur kepemimpinan yaitu hasil muktamar Ancol dan muktamar Parung. Muktamar Ancol menghasilkan Ketua Dewan Syuro KH Abdul Aziz, Ketua Dewan Tanfidz Muhaimin Iskandar dan Sekjen Lukman Edy. Sedangkan muktamar Parung menghasilkan Ketua Dewan Syuro KH Abdurrahman Wahid, Ketua Dewan Tanfidz Ali Masykur Musa, dan Sekjen Yenny Wahid.

Sengketa partai itu kemudian berlanjut ke pengadilan. Di tingkat Mahkamah Agung, hakim memutuskan struktur PKB kembali pada hasil muktamar Semarang yang menempatkan Ketua Dewan Syuro KH Abdurrahman Wahid, Ketua Dewan Tanfidz Muhaimin Iskandar dan Sekjen Lukman Edy.

Muis juga menyanggah pernyataan Muhaimin kepada publik atas wasiat Gus Dur. Ia membantah adanya wasiat dari Gus Dur untuk Muhaimin agar menjaga keutuhan PKB.

BMKG Sebut Gelombang hingga 2,5 Meter Bakal Terjadi di Perairan Indonesia, Ini Lokasinya
Aksi panggung Reza Artamevia dalam Soul Intimate Concert 2.0

Ajak Bernostalgia, Dewa 19 hingga Reza Artamevia Guncang Panggung Soul Intimate Concert 2.0

Dewa 19, Reza Artamevia dan Maliq & D'Essentials hibur penonton dengan deretan hits ngetop di panggung Soul Intimate Concert 2.0.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024