Kredit Macet Bank Mandiri

Tersangka Kembalikan Rp 160 Miliar

VIVAnews - Tersangka kasus dugaan korupsi kredit macet Bank Mandiri, Susanto Liem, sudah mengembalikan kerugian negara Rp 160 miliar. "Dia mengembalikan kerugian negara," kata Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Marwan Effendy di Kejaksaan Agung, Jakarta, Selasa, 25 November 2008.

Namun, saat ditanya apakah dengan dibayar kerugian negara itu berarti kasus ini dihentikan, Marwan menyatakan, "Dengan dikembalikan, berarti tidak ada kerugian negara."

Kasus kredit macet ini bermula pada 23 Oktober 2003 ketiga Direktur Utama PT Citra Graha Nusantara Edison dan Direktur Ponijan, mengajukan kredit ke Bank Mandiri sebesar US$ 18,5 juta. Kredit itu digunakan untuk membeli PT Tahta Medan, renovasi Hotel Tiara Medan, dan pembangunan Tiara Tower Medan dari Surya Paloh.

Karena persyaratan mengajukan kredit belum dipenuhi, maka Edison meminta Direksi Bank Mandiri memberikan dana talangan sebesar Rp 160 miliar. Edison menyatakan, kredit yang diajukan merupakan atas perintah Susanto Liem, pamannya Edison. Belakangan, PT Citra Graha tidak dapat mengembalikan kredit itu.

Meski demikian, lanjut Marwan, kejaksaan masih mencari tahu hubungan antara Susanto Liem dengan Edison. "Kita belum tahu status dan hubungan antara tersangka dan Edison," kilahnya.

Sebelumnya, mantan Direktur Utama Bank Mandiri ECW Neloe, Direktur Risk Management I Wayan Pugeg, dan Direktur Corporate Banking M Sholeh Tasripan telah dihukum terkait kasus ini. Pada 13 September 2007, Mahkamah Agung menghukum ketiganya dengan pidana penjara masing-masing 10 tahun penjara. Selain itu, mereka juga dihukum denda masing-masing Rp 500 juta subsider enam bulan kurungan.

Sedangkan, Syaiful Anwar, Edison, dan Diman Ponijan dihukum delapan tahun penjara.

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi
Lolly, putri sulung Nikita Mirzani

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Lolly sendiri saat ini sudah pulang ke Indonesia setelah tinggal lama di London, Inggris. Nikita Mirzani tahu anaknya itu pulang berdasarkan informasi dari sosial media.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024