Priyo: Soekarwo Mendapat Rival Terberat di Pilkada Jatim

Khofifah dan Soekarwo.
Sumber :
  • http://dskemamang.wordpress.com
VIVAnews
4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa
– Politisi Golkar Priyo Budi Santoso memprediksi pertarungan Pilkada Jawa Timur 2013 akan semakin seru dan berwarna pasca keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang meloloskan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Herman Suryadi Sumawiredja sebagai calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur.

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

“Dengan keputusan itu, calon
5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
incumbent Soekarwo dan Saifullah Yusuf akan mendapat rival terberat dalam Pilkada Jatim,” kata Priyo di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 1 Agustus 2013. Menurutnya, tak menutup kemungkinan peristiwa lima tahun lalu pada Pilkada Jatim 2008 akan terulang.


Saat itu, Khofifah dan Soekarwo bersaing hingga tiga putaran. “Dulu kan sampai tiga kali pilkada. Itu pilkada paling lama se-Indonesia dan amat menguras energi. Apakah sejarah akan terulang atau tidak, yang jelas peta Pilgub Jatim sangat menarik dan antusias untuk diikuti,” kata Priyo.


Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar itu mengatakan, meskipun partainya mendukung pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf, namun ia berharap semua pihak menghormati keputusan DKPP yang meloloskan Khofifah. “Ini betul-betul proses demokrasi. Opini bahwa ada pihak yang ingin menjegal Khofifah susah ditutup. Tapi nyatanya ia diberi kesempatan ikut Pilkada,” ujar Priyo.


Tak Perlu ke KPK


Priyo berpendapat, PKB sebagai partai yang mengusung Khofifah tak perlu membawa masalah pilkada ke ranah hukum, apalagi sampai melapor ke Komisi Pemberantasan Korupsi. “Jangan ke mana-mana, itu berlebihan. Apapun itu hak PKB. Hanya menurut saya tidak perlu lagi karena substansinya sudah selesai (Khofifah ikut Pilkada),” kata Wakil Ketua DPR itu.


Seperti diberitakan sebelumnya, PKB berencana melaporkan KPU Jawa Timur ke KPK  terkait dugaan suap dalam penetapan pasangan calon peserta Pilkada Jatim. 


Langkah PKB ini sesuai rekomendasi Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie yang menganjurkan kasus dugaan suap dalam Pilkada Jatim dibawa ke jalur hukum.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya