Kado Hari Kartini, PAN Hadiahi Perempuan Calegnya Nomor Urut Satu

Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo & Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Partai Amanat Nasional (PAN) hari ini menyerahkan daftar calon sementara (DCS) anggota legislatif ke Komisi Pemilihan Umum (KPU). Penyerahan DCS itu dipimpin Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo, Sekretaris Jenderal PAN Taufik Kurniawan, dan para Ketua DPP.

Mereka menyerahkan 560 orang calon dengan jumlah caleg perempuan 208 orang (37 persen). "Ada komitmen PAN bagi caleg perempuan dan hadiah hari Kartini. Kami bukan hanya cukup banyak jumlah caleg perempuan, tapi juga menempatkan perempuan di nomor urut 1 di 20 dapil," kata pengurus senior PAN, Drajad Wibowo, di kantor KPU di Jakarta.

Daerah pemilihan yang menempatkan perempuan di nomor urut 1 itu, kata Drajad, adalah di daerah yang prioritas. Misalnya, ujar dia, di daerah Jawa Barat dari 11 daerah pemilihan ada 6 dapil yang menempatkan caleg perempuan di nomor urut 1.

Contoh lain, kata Drajad, di Jawa Tengah 1 atau di Semarang menempatkan mantan petenis nasional Yayuk Basuki di nomor urut 1. "Itu komitmen PAN untuk caleg perempuan," ujar dia.

YouTube Luncurkan sebuah Serial Dokumenter 5 bagian berjudul “Seribu Kartini”

Menteri Nyaleg

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PAN, Taufik Kurniawan mengatakan dari tiga menteri dari PAN, hanya satu yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Dia adalah Menteri Kehutanan Zulkifli Hassan.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Sementara dua menteri lainnya, Menteri PAN dan Reformasi Birokrasi Azwar Abubakar dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa tidak mencalonkan diri.

Hatta sendiri akan disiapkan untuk menjadi calon presiden. "Target kami dua digit, sehingga Hatta jadi capres," ujar Taufik. (ren)

Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Ditanya Kontrak STY, Erick Thohir Sebut Sepakbola Indonesia di Jalur yang Tepat

Erick Thohir selaku Ketua Umum PSSI kembali mendapat pertanyaan mengenai masa depan pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Sampai sekarang belum ada kejelasan.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024