Cara Unik KPU Sosialisasikan Pemilu 2014

Ketua KPU Pusat Husni Kamil Malik
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews -
Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan 75 persen masyarakat yang terdaftar ikut mencoblos pada 2014, padahal pemilu sisa satu setengah tahun lagi. KPU punya cara unik dalam mensosialisasikan pemilu 2014, yaitu mengajak masyarakat untuk gerak jalan sehat di Monumen Nasional (Monas).

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

"Kegiatan ini terbangun dalam penyelenggaraan pemilu di mana dalam olahragakan prinsip kejujuran dan keadilan itu menjadi bagian dari olahraga. Begitu juga dalam penyelenggaraan Pemilu tidak boleh keluar dari prinsip kejujuran dan keadilan itu," kata Ketua KPU Husni Kamil Malik di Monas, Minggu 7 April 2013.
Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal


Sekitar 300 ribu masyarakat hadir dan mengikuti acara gerak jalan KPU ini. Husni berharap selain masyarakat lebih sehat, sosialisasi yang diselenggarakan KPU juga lebih dapat dipahami masyarakat.


Hasil akhir, partisipasi masyarakat untuk datang ke tempat pemungutan suara (TPS) meningkat. KPU menargetkan 75 persen dari jumlah pemilih yang terdaftar berpartisipasi dalam pemilu 2014. Target ini naik dari realisasi 2009 lalu yang hanya 71 persen.


Husni juga menghimbau kepada masyarakat agar warga negara yang mempunyai hak untuk memilih tidak lagi pencontreng nomor, tetapi mencoblos. "Mari kita aktif di setiap tahapan pemilu," ujar dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya