FOTO: Mahfud MD Pensiun di MK, Siap Kembali ke Dunia Politik

Arief Hidayat Gantikan Peran Mahfud MD
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews – Mahfud MD mengakhiri masa jabatannya sebagai hakim konstitusi, Senin 1 April 2013. Institusi tempatnya berkecimpung selama lima tahun terakhir ini, Mahkamah Konstitusi, semalam menggelar acara pisah-sambut untuk melepas Mahfud MD sekaligus menyambut penggantinya, Arief Hidayat yang telah lolos uji kepatutan dan kelayakan Komisi Hukum DPR sebagai hakim konstitusi.

Dalam acara pisah-sambut itu, Mahfud menerima cenderamata berupa mozaik foto dirinya. Lihat acara pisah-sambut Mahfud MD dan Arief Hidayat itu .

Mahfud mengatakan sangat sedih dan terharu, karena harus meninggalkan MK. Ia dan delapan hakim konstitusi lainnya sudah seperti saudara. Selama lima tahun bertugas, Mahfud bahkan lebih banyak menghabiskan waktu bersama para hakim itu ketimbang dengan istrinya.

Mahfud pun sangat senang selama menjadi Hakim MK, karena semua fasilitasnya dipenuhi. "Semua serba menyenangkan selama saya di MK," kata mantan anggota DPR itu.

Daftar Harga Motor Vespa per Maret 2024

Mahfud berpesan kepada para koleganya di MK untuk terus menjaga kualitas dan tetap bangga menjadi hakim sampai kapan pun.

Ia juga berpesan agar MK menjaga independensinya. "Kekuatan MK itu ada pada independensi. Soal ada yang setuju atau tidak pada putusan, itu soal lain. Ini yang harus dipertahankan. Jangan mau ditekan oleh kekuatan apa pun, termasuk bila ditekan anggarannya mau dipotong, nanti tidak dipilih lagi sebagai hakim konstitusi, dan lain-lain," ujar Mahfud.

Jadi Capres?

Usai acara pisah-sambut di MK itu, Mahfud menerima sejumlah tamu di kediamannya di Tanjung Barat, Jakarta Selatan. Tampak sejumlah tokoh nasional dan politisi menyambanginya, antara lain Sekjen Partai Golkar, Idrus Marham dan istri almarhum Gus Dur, Sinta Nuriyah Wahid.

Selain itu, sepanjang jalan menuju rumah Mahfud penuh dengan spanduk dan umbul-umbul bergambar wajah Mahfud dan bertuliskan “Selamat datang capres 2014.”

Mahfud memang mengisyaratkan akan terjun ke dunia politik selepas masa jabatannya di MK. Namun, mantan politisi PKB itu belum memutuskan akan bergabung dengan partai politik mana.

“Yang terpenting itu komitmen organisasinya, dan yang jelas sampai saat ini belum ada yang mengajak saya secara resmi untuk bergabung. Kalau lewat obrolan santai, memang sering ada tawaran. Namun, saya belum memutuskan mau ke mana. Saya berangkat umrah dulu Rabu besok,” kata Mahfud. (art)

Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House
Calon Anggota Legislatif DPR RI dari Partai Demokrat, Fathi

Caleg Demokrat Fathi Lolos ke Senayan Bareng Melly Goeslaw dari Dapil Jabar I

Partai Demokrat berhasil meraih satu kursi DPR RI dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I (Jawa Barat), Kota Bandung dan Cimahi periode 2024-2029. Sebab, partai yang diketuai

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024