PKS Siapkan 15.462 Bakal Caleg untuk Pemilu 2014

Konsolidasi PKS Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf
VIVAnews
Thailand Prime Minister Welcomes Albino Buffalo to Government House
- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah menyiapkan 15.462 bakal calon legislatif baik untuk pusat maupun provinsi dan kabupaten/kota. Sebelum didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), bakal caleg itu akan terjun ke tengah-tengah masyarakat untuk uji kelayakan.

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

"Seluruh caleg tersebut saat ini tengah menyiapkan berbagai persyaratan administratif untuk didaftarkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) baik tingkat pusat maupun daerah secara serentak pada 9 April 2103 mendatang," kata Presiden PKS, Anis Matta, setelah menggelar Rapat Pleno Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS di Hotel Bidakara, Senin, 1 April 2013.
Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP


Dalam rapat DPP yang diperluas dengan menyertakan pengurus wilayah dari 33 provinsi, Anis menyatakan seluruh bakal caleg PKS tersebut sebelumnya telah melalui tahapan verifikasi internal partai yang cukup ketat.


Dari total jumlah bakal caleg tersebut, sebanyak 476 orang merupakan bakal caleg DPR, sebanyak 1.816 orang untuk DPRD Provinsi dan 13.170 untuk Kabupaten/kota.


Ditambahkan Anis, caleg PKS merupakan usulan kader dari tingkat bawah yang disertai dengan penilaian atas penguasaan dasar perjuangan partai serta penerimaan bakal caleg tersebut di tengah masyarakat.


"Nantinya melalui KPU kami juga meminta masukan masyarakat atas caleg asal PKS. Inilah saatnya menguji komitmen para caleg terhadap kepentingan rakyat," katanya.


Dalam rapat pleno tersebut, Anis meminta seluruh struktur untuk mendaftarkan bakal caleg ke KPU di hari pertama pendaftaran yaitu tanggal 9 April pekan depan. Secara umum, menurut Anis, PKS tidak menemui kendala dalam memenuhi persyaratan caleg yang ditetapkan KPU.


"Stok kader PKS melimpah ditambah dengan unsur-unsur tokoh yang sejalan dengan garis perjuangan partai, maka kami tidak kesulitan memenuhi jumlah maksimal dengan kualitas caleg yang mumpuni pula," ujar Anis.


Terkait keterwakilan perempuan, Anis menyatakan PKS sudah memenuhi kuota 30% caleg perempuan dan dalam urut zipper seperti arahan  KPU.  "Sejak Pemilu 1999, PKS selalu memenuhi kuota perempuan, maka pemilu 2014 pun tetap terpenuhi kuota tersebut," kata Anis.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya