Ruhut: Kader Terkait Hambalang, Tolong Mundur

Ruhut Sitompul.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews -- Politisi Demokrat, Ruhut Sitompul meminta kepada semua kader yang disebut-sebut terlibat kasus korupsi Hambalang dan Wisma Atlet untuk mundur dari partai.

"Permasalahan yang ada yang menimpa partai kami saya memohon siapa pun yang dikaitkan mulai Wisma Atlet sampai Hambalang, kita harus sayang dengan partai dan nama-nama yang disebut itu yang tahu apa peran mereka. Saya melihat dan hanya bisa mengatakan semua itu, akan indah kalau kita bisa mundur, jangan dimundurkan," kata Ruhut di Gedung DPR, Kamis 31 Mei 2012.

Sementara, kata Ruhut, mengenai Andi Malarangeng yang saat ini juga menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga, Dewan Kehormatan dan Majelis Tinggi yang melakukan pemeriksaan. "Saya mohon kita bersabar biarlah," kata dia.

Ruhut mengatakan, bahwa dengan dimintanya kader yang tersangkut kasus hukum untuk mundur dari partai, bukannya tak menghormati asas praduga tak bersalah. Namun, menurutnya masalah hukum tak lepas dari masalah politik. Yang perlu dipertimbangkan dan paling penting, kata dia adalah sanksi sosial.

"Turunnya rating partai kami karena sanksi sosial jadi saya kembalikan kepada kader-kader itu kalau sayang kepada partai legawa siapa lagi yang mau menyelamatkan partai ini," kata dia.

Proyek Hambalang menjadi perhatian publik. Karena proyek raksasa itu kerap disebut mantan Bendahara Umum Demokrat Muhammad Nazaruddin. Bahkan Kamis 24 Mei lalu, Menpora Andi Mallarangeng diperiksa 10 jam oleh Komisi Pemberantasan Korupsi terkait proyek Hambalang.

Soal itu, Andi menjelaskan, pembangunan pusat olahraga itu dilandasi keinginan untuk meningkatkan prestasi olahraga di Indonesia. "Sewaktu belum ada Kemenpora, yakni waktu masih di Dinkas sampai sekarang yang dipikirkan adalah sarana olahraga yang elit maupun sekolah olahraga," kata Andi di Kemenpora, Jakarta, Rabu 30 Mei 2012.

Belum selesai soal kasus hukum, dua bangunan di proyek pusat olahraga senilai Rp1,2 triliun di Hambalang, Sentul, Jawa Barat, dikabarkan ambruk. Tanah yang ada di lokasi itu juga ambles. (umi)

Kowani Kaji Uji Materi Aturan Pembagian Harta Bersama yang Merugikan Perempuan
Sandra Dewi

Sandra Dewi Ngaku Takut Tuhan, Suami Malah Korupsi Rp271 Triliun

Sandra Dewi ikut menjadi sorotan publik setelah sang suami, Harvey Moeis, ditetapkan sebagai salah satu tersangka korupsi timah yang merugikan negara hingga Rp271 triliun

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024