Tjatur-PAN: Harga BBM Naik Keputusan Berat

Demo Tolak Kenaikan BBM di UKI
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews -- Semalam koalisi menggelar rapat di kediaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa Barat. Dalam pertemuan itu dibeber alasan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM).

Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Tjatur Sapto Edy mengatakan, poin dari pertemuan adalah untuk mencari alternatif melindungi masyarakat yang terkena dampak langsung apabila BBM jadi dinaikkan. "Apa planning-nya, beasiswa apa ditambahkan, apa yang wajib ditanggung. Yang jelas masyarakat yang masih miskin, 25 persen itu harus dikover betul-betul," kata dia di Gedung DPR RI, Kamis 15 Maret 2012.

Juga dibahas tentang dana infra stimulus yang besarnya Rp30 triliun. Namun, Tjatur mengatakan soal bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) belum diputuskan. "Itu belum kesepakatan dan itu rapat tidak memutuskan karena memutuskan sesuatu di gedung ini, di DPR."

Dalam rapat di Cikeas, Tjatur mengatakan, kenaikan BBM adalah keputusan pemerintah yang sangat berat. "Presiden sampaikan itu keputusan berat buat presiden," kata dia.

Apakah kenaikan harga BBM Rp1.500 opsi tunggal? "Ada yang usulkan lebih dari itu, tapi studi UGM dan UI, yang optimal dikatakan Rp1.500," tambah dia.

Sebelumnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, kenaikan harga BBM ini dalam rangka membuat APBN yang sehat dan subsidi tepat sasaran.  "Manakala APBN-P disesuaikan, lantas diperlukan penyesuaian harga BBM. Tapi ini akan berdampak bagi masyarakat luas," katanya.

Karena itu, pemerintah sudah menyiapkan antisipasi dampak sosial dari kenaikan harga BBM. "Koalisi sangat peduli termasuk dampak perekonomian global dan perekonomian nasional," katanya.

Yudhoyono juga mengatakan bahwa partai koalisi pendukung pemerintah yang tergabung dalam sekretariat gabungan (setgab) semua memahami langkah pemerintah menaikkan harga BBM jenis solar dan premium, meski akan berdampak terhadap masyarakat luas. (eh)

Prabowo Ingin Bentuk 'Executive Heavy" dengan Rangkul Semua Parpol, Kata Peneliti BRIN
Reskrim Polres Metro Jakarta Barat meringkus sipir taksi online bernama Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya.

Sopir Taksi Online yang Todong Penumpang Wanita dan Minta Rp 100 Juta Ditangkap saat Tidur Pulas

Reskrim Polres Jakarta Barat, meringkus sopir taksi online, Michael Gomgom (30), yang menodong dan memeras seorang wanita yang menjadi penumpangnya. Dia sedang istirahat.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024